Senin, 23 Februari 2015

SEJARAH SINGKAT GOJUKAI


Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah meninggalkan sejaranhnya. Itulah pepatah yang sering kita dengar, tentang bagaimana pentingnya sejarah dalam keberadaan suatu bangsa.

Begitupun dalam keberadaan kita sebagai suatu perguruan atau organisasi karate. Tentu sejarah keberadaan Gojukai di Indonesia  pada hakekatnya merupakan suatu yang sangat penting.

Sejarah Singkat



Master Chojun Miyagi lahir  pada 25 April 1888 di Naha Okinawa, Sensei Miyagi yang mengembang karate Goju di Jepang. Master Chojun Miyagi mulai belajar karate sejak berusia antara 9-11 tahun dan berguru pada Master Kanryo Higashionna yang selanjutnya menginstruksikan Chojun Miyagi belajar ilmu bela diri China Tai – Pa di propinsi Fukien China.

 

Pada tahun 1929 dia beri nama Goju Ryu paduan antara Keras dan Lembut, beliau menyempurnakan kata Sanchin  sebagai aplikasi Keras dan kata Tensyo aplikasi dari lembut. Yang didapatkan dari kitab Bubishi aslinya adalah Sanchin dan Rohisyu.  Pertama – Harus mengetahui bahwa rahasia terpenting dari Goju Ryu  berada dalam kata, Kedua-Goju Ryu Karate-Do adalah manifestasi yang mengharmoniskan diri kita  dengan semesta raya, Ketiga- jalan Goju-Ryu adalah untuk menemukan jalan kebajikan.


Perkembangan Gojukai di Jepang



Soke Shihan Gogen Yamaguchi - DAN 10 (Hansi)  lahir pada 20 Januari 1909 dikota Kagoshima pulau Kyusu, memulai belajar Karate Goju langsung dibawah bimbingan Mr. Maruta yang berasal dari Okinawa.   Ketika  sensei Yamaguchi kuliah membentuk klub karate Universitas  Ritsumeikan  di Kyoto.

Pada tahun 1931 ketika berusia 22 tahun memperdalam teknik Karate Goju langsung dari Master Chojun Miyagi. Pada tahun 1951, Gogen Yamaguchi mendapat tingkatan “Ju Dan Hanshi” ( DAN 10) dari Master Chojun Miyagi.     Pada tahun 1964, Gogen Yamaguchi berpartisipasi membentuk the All Japan Karate-Do Federation.    Pada tahun 1965, Gogen Yamaguchi mendirikan International Karate-Do Gojukai dan menjadi presidennya, serta sukses mengembangkan karate Goju  bukan hanya di Jepang tetapi diseluruh dunia hingga sekarang.


Masuknya Karate-Do Gojukai Di Indonesia



Pada tahun 1967 karate  aliran  Goju  mulai diperkenalkan di Indonesia oleh Sensei Drs. Setyo Haryono –  DAN 6 (Alm), beliau mendapat beasiswa dari Departemen Luar Negeri untuk study ke Jepang, setelah tamat beliau langsung diangkat menjadi Atase Ekonomi di Kedubes RI di Tokyo dan disanalah Sensei Drs. Setyo Haryono (Alm) mulai meraih DAN - III dibawah bimbingan langsung Hanshi Gogen Yamaguchi dipusat Gojukai di Hombu Tokyo Jepang.

Referensi : Kurikulum Dewan Guru Nasional Karate-Do Gojukai I.K.G.A Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

THE ENERGY of THE GOJUKAI KARATE-DO

  The Energy of The Gojukai Karate-Do   Introduction Karate-Do, born from the noble culture of Japanese society, has been developed by...