Selasa, 10 Februari 2015

REIGI & DOJO-KUN ( Etika Karate-Do Goju )

  1. Karateka harus berusaha seoptimal mungkin untuk tidak terlambat menghadiri latihan sesuai jadwal latihan yang telah ditentukan
  2. Jangan makan satu jam sebelum latihan
  3. Hadir di DOJO ketika kondisi Anda sedang fit, karena begitu Anda memasuki Dojo,Anda harus bersiap untuk melakukan latihan seoptimal mungkin sesuai jadwal latihan.Jangan mengikuti latihan di dojo, jika Anda sementara terluka, atau terkilir atau belum sembuh dari suatu penyakit.
  4. Memasuki dojo harus menanggalkan alas kaki dan topi, tidak membawa botol minuman ke dalam dojo. Di tempat penyimpanan alas kaki ditaruh secara tertib dan teratur.
  5. Selama berada di dalam dojo dilarang merokok.
  6. Jika ada seorang karateka yang lebih senior yang berdiri di belakang Anda, maka Anda harus mempersilakan karateka yang lebih senior untuk lebih dahulu memasuki dojo.
  7. Memasuki dojo melakukan penghormatan tradisi Karate sambil mengucapkan “ONEGAISHIMASU” yang berarti “Please Help Me”, dengan jelas dan tegas.
  8. Setelah berada di dalam dojo, pertama-tama harus melakukan penghormatan kepada karateka yang lebih senior, dan secara spesifik kepada para instruktur dan master (Shihan),dengan ucapan “ONEGAISHIMASU” dan dibalas dengan penghormatan yang sama.
  9. Selama di dalam dojo, harus menjaga agar “DOGI” yang dikenakan senantiasa rapi dan tidak berantakan,mengetahui cara mengikat OBI (Sabuk) yang benar.
  10. Selama mengikuti latihan, dilarang memelihara kuku panjang, dilarang mengenakan benda-benda yang dapat membahayakan diri sendiri maupun pasangan latihan, seperti arloji tangan, cincin, gelang, kalung, dan sejenisnya.
  11. Ketika Anda dengan sangat terpaksa datang terlambat, Anda harus melapor alasan keterlambatan Anda pada pimpinan latihan, dan melakukan “JUNBI UNDO” sendiri jika session JUNBI UNDO sudah lewat.
  12. Selama Anda di dojo , jika Anda duduk harus dalam posisi “SEIZA” (duduk berlutut) atau “ANZA” (duduk bersila).
  13. Selama latihan berlangsung di dojo, instruktur tidak diperkenankan duduk hingga latihan berakhir.
  14. Latihan dimulai dan diakhiri dengan melaksanakan “GISHIKI” (Upacara Tradisi),




SELAMAT BERLATIH

1 komentar:

  1. onegashimashu...
    perkenalkan website Cabang Lampung Utara seimpai...
    http://karatedo-gojukai-lu.blogspot.co.id/

    BalasHapus

THE ENERGY of THE GOJUKAI KARATE-DO

  The Energy of The Gojukai Karate-Do   Introduction Karate-Do, born from the noble culture of Japanese society, has been developed by...