Jumat, 22 April 2016

MEMAKNAI GASHUKU

MEMAKNAI GASHUKU

Untuk kesekian kalinya saya mengikuti  “gashuku”. Gashuku yang dalam bahasa Jepang berarti : “belajar” dan “menginap” adalah sebuah kegiatan belajar sambil menginap di satu tempat tertentu.

Gashuku amat lazim diadakan di Jepang sebagai bagian dari kegiatan belajar mengajar entah di sekolah, perguruan tinggi atau lembaga tradisional. Tujuannya adalah agar sebuah kegiatan, apakah itu dalam bentuk seminar, bimbingan, atau yang lain dapat diadakan lebih terfokus, konsen, dengan waktu yang lebih panjang. Kedua, untuk mengakrabkan. Dan terakhir sekaligus berdarmawisata (yang ini tentatif).

Teman-teman saya yang saat ini tengah menjalani studi di Jepang kerap menyebut kegiatan ini sebagai seminar. Tetapi bukan seminar yang dipahami sebagai seminar biasa yang mengundang banyak orang. Lebih tepatnya seminar antar sesama rekan satu perguruan, angkatan kelas, satu lab, satu bimbingan atau satu pemahaman lainnya. Artinya tetap  sama saja dengan kegiatan belajar hanya harus menginap dan atau diadakan ditempat lain yang jauh dari tempat tinggal.

Dan keesokan harinya pasca bimbingan dan pelatihan  selesai saatnya bersantai menikmati obyek wisata dimana tempat kami menginap. Saat itulah saat yang paling ditunggu-tunggu setelah pelatihan dan setelah semua kelelahan usai.

Bravo Gojukai I.K.G.A.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

THE ENERGY of THE GOJUKAI KARATE-DO

  The Energy of The Gojukai Karate-Do   Introduction Karate-Do, born from the noble culture of Japanese society, has been developed by...