Jumat, 22 April 2016

GASHUKU BERBASIS EDUKASI

Gashuku Edukasi Adalah Kegiatan Gashuku yang bertujuan meningkatkan pengetahuan Anggota melalui metode - metode latihan yang memperkaya pengetahuan Anggota tentang Karate Tradisional dan Official (Karate Sports).

Selain itu Gashuku Edukasi bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan, persahabatan, kerja sama tim, dan menanamkan kecintaan kepada Perguruan sepanjang hayat.

Gashuku ditujukan kepada Anggota Senior, Atlet, dan pelatih, serta memberikan gambaran nyata kepada orang tua mengenai program pelatihan, pengembangan dan prestasi yang diberikan Perguruan Gojukai I.K.G.A.  kepada putra dan putri mereka.

Tujuan  lain dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan standar teknik para karateka sesuai dengan standardisasi kurikulum dari Gojukai internasional. Diharapkan, usai digelarnya kegiatan ini, teknik dan kemampuan para karateka Gojukai Indonesia akan semakin meningkat dan berkembang.

Ini adalah kesekian kalinya saya mengikuti  “gashuku”. Gashuku yang dalam bahasa Jepang berarti : “belajar” dan “menginap” adalah sebuah kegiatan belajar sambil menginap di satu tempat tertentu. Gashuku amat lazim diadakan di Jepang sebagai bagian dari kegiatan belajar mengajar entah di sekolah atau perguruan tinggi. Tujuannya adalah agar sebuah kegiatan, apakah itu dalam bentuk seminar, bimbingan, atau yang lain dapat diadakan lebih terfokus, konsen, dengan waktu yang lebih panjang. Kedua, untuk mengakrabkan. Dan terakhir sekaligus berdarmawisata (yang ini tentatif).
Teman-teman saya yang studi di Jepang kerap menyebut kegiatan ini sebagai seminar. Tetapi bukan seminar yang dipahami sebagai seminar biasa yang mengundang banyak orang. Lebih tepatnya seminar antar sesama rekan satu perguruan, angkatan kelas, satu lab, satu bimbingan atau satu pemahaman lainnya. Artinya tetap  sama saja dengan kegiatan belajar hanya harus menginap dan atau diadakan ditempat lain yang jauh dr tempat domisili.

Dan keesokan harinya pasca bimbingan dan pelatihan  selesai saatnya bersantai menikmati obyek wisata dimana kami menginap. Saat itulah saat yang paling ditunggu-tunggu setelah pelatihan dan setelah semua kelelahan usai.

Melalui gashuku ini diharapkan para peserta dapat mengembangkan sifat kejujuran (Gi), keberanian (Yuu), dan sopan santun (Rei), sehingga kemudian akan lahir para karateka yang positif (Seishin) dan memiliki semangat tinggi (Seiki).

Kegiatan Gashuku Anggota Karate-Do Gojukai I.K.G.A. Indonesia Komda DKI Jakarta
Sabtu-Minggu Tgl. 16-17 April 2016 Cijeruk Bogor Jawa Barat



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

THE ENERGY of THE GOJUKAI KARATE-DO

  The Energy of The Gojukai Karate-Do   Introduction Karate-Do, born from the noble culture of Japanese society, has been developed by...