Rabu, 21 Maret 2018

10 CARA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR & BERLATIH KARATE





Anda tahu bahwa berolahraga penting, khususnya olahraga karate. Tetapi memotivasi diri untuk rajin berlatih karatedo sangatlah berat, musuh terbesar kita adalah “Rasa malas” dan kita harus mampu melawannya.

Cara terbaik untuk terus termotivasi adalah dengan membiasakan diri melaksanakan olahraga, berlatih dan belajar karatedo rutin sesuai jadwal. Ketika Anda berpikir bahwa Anda akan berolahraga karate mulai hari ini atau esok hari, Anda perlu untuk keluar dari zona nyaman dan melakukannya saat itu juga. Berikut adalah beberapa cara untuk tetap termotivasi.

1. Tetapkan tujuan yang masuk akal
Tujuan akhir dari olahraga karate Anda, misalnya “berat badan turun 10 kg lebih”, mungkin terasa terlalu mustahil untuk sekarang, terutama ketika Anda masih baru memulai melakukan belajar dan berlatih karatedo. “Pemula biasanya menginginkan hasil maksimal, tetapi mereka cenderung kewalahan”, kata Gerald Endress, seorang psikolog olahraga di Duke Center for Living di Carolina Utara. Jadi, jangan memaksakan untuk berolahraga selama 1 jam per hari. Melainkan, buatlah tujuan yang lebih masuk akal dan terjangkau oleh kemampuan kita, seperti berolahraga 2 sampai 3 kali seminggu selama 20 – 30 menit, dengan hasil yang realustis seperti  setelah belajar dan berlatih karatedo  anda menjadi bahagia, sehat, bugar, bunya banyak teman, jadwal anda tercapai hingga berat anda berkuran 1 kg sebulan.

2. Pantau kemajuan Anda
Buatlah catatan aktivitas latihan karate Anda secara berkala, bisa dalam jurnal online maupun dalam sebuah buku catatan. Lihat kemajuan seperti bergerak lebih cepat, pernafasan menjadi lebih stabil, latihan kihon variasi dan melakukan pengulangan lebih banyak, ataupun peningkatan intensitas dalam olahraga dapat membuat Anda semakin ingin melanjutkannya.

3. Hilangkan rasa bersalah
Belajar hadapi kenyataan. Anda pasti akan melewatkan beberapa kali jadwal belajar dan  berlatih karatedo. Jika Anda mengetahui bahwa Anda pasti akan “bolos” berolahraga 1-2 kali, mental Anda akan lebih siap menerimanya, dan bukannya malah menjadikannya sejuta alasan untuk langsung menyerah.

4. Fokus pada diri Anda sendiri
Akan selalu ada seseorang yang lebih bugar, lebih cepat, lebih terampil, lebih antusias atau lebih power full dibanding Anda. Jangan bandingkan diri Anda dengan mereka, kata Endress. Lupakan mereka. Jangan biarkan mereka menghalangi Anda dari tujuan Anda. Waktu belajar dan  berlatih karate Anda adalah untuk Anda dan tentang Anda.

5. Gunakan grup penyemangat
Carilah tempat latihan / dojo yang tepat, pelatih yang berkualifikasi, materi latihan yang sesuai, serta ada orang-orang yang berlatih penuh semangat dan positif, baik teman, keluarga, pasangan, rekan kerja, atau tetangga, yang akan menyemangati Anda untuk terus maju. Minta mereka untuk terus melakukan itu.

“Orang tersebut harus bersikap suportif, bukan merendahkan dengan kata-kata seperti, ‘kenapa kamu ngga bisa? Itu kan sangat gampang”, kata Carla Sottovia dari Cooper Aerobics di Dallas. Ketika motivasi yang berubah menjadi kritik, peringatkan teman Anda bahwa Anda tidak membutuhkan hal tersebut.

6. Cari hal yang menyenangkan
Apabila Anda tidak dapat termotivasi dalam belajar dan berlatih karatedo, mungkin Anda melakukan aktivitas yang salah. Atau mungkin dulu Anda menyukainya tetapi sekarang menjadi membosankan. Pilih aktivitas yang paling Anda senangi, minati maka belajar dan berlatih karatedo akan menjadi sesuatu yang Anda tunggu-tunggu. Ingat, belajar dan berlatih tidak harus selalu di dojo dan tidak selalu harus menggunakan karategi. Mungkin Anda bisa lebih baik dalam berlatih saat berada di daerah pegunungan atau pinggir pantai, sambil lati lari kecil berkeliling area tersebut sambil mendengarkan musik, atau lainnya.

7. Mulai dari 7 menit
Paksa diri Anda untuk melakukan suatu latihan karatedo hanya selama 7 menit saja. Setelah selesai, tanya pada diri sendiri, apakah masih mau lanjut ? Jika tidak, Anda dapat melakukan beberapa sesi kecil sepanjang hari, dibandingkan satu kali latihan karate berdurasi panjang.

8. Fleksibel dengan waktu
Ketika Anda terlalu sibuk, jangan habiskan 30 menit untuk bermacet-macet di jalan menuju tempat latihan / dojo. Gunakan video latihan di YouTube bisa di taksi, bus, kereta atau cukup berlatih di rumah saja. Jika Anda terlalu letih untuk olahraga pada malam hari, gunakan alarm Anda untuk bangun dan olahraga lebih pagi.

9. Lupakan masa lalu
Mungkin Anda bukanlah anak yang paling atletis, sehat dan bugar  di sekolah, dan selalu jadi bahan tertawaan di dalam kegiatan olahraga, tetapi perlu anda ketahui, bahwa anda akan menemukan hal yang berbeda didalam olahraga karate, dimana anda akan mendapat teman – teman yang suportif, saling menghargai dan hormat menghormati, serta selalu memberikan motivasi, maka hal-hal tersebut akan segera berlalu. Tujuan Anda belajar dan berlatih karatedo sekarang bukan untuk mendapat nilai rapor bagus atau untuk menarik perhatian gebetan di kelas. Anda = berolahraga, belajar dan berlatih karatedo agar tetap sehat, bugar, banyak teman, penuh percaya diri dan bahagia  sehingga dapat menikmati hidup Anda.

10. Beri hadiah bagi diri sendiri
Beri diri Anda sendiri penghargaan karena telah berhasil melakukan olahraga, belajar dan berlatih karatedo, cukup dengan tepuk tangan atau berteriak “Mantap dan Luar Biasa”. Berikan ucapan semangat kepada kawan – kawan latihan anda dan berikan ucapan terima kasih kepada pelatih anda.


Eko Yulianto WA : +62857-1818-7170




1 komentar:

THE ENERGY of THE GOJUKAI KARATE-DO

  The Energy of The Gojukai Karate-Do   Introduction Karate-Do, born from the noble culture of Japanese society, has been developed by...